Pregnancy Update

Icip2 Obgyn

Dikarnakan keberatan biaya di KMC, kmrn smpat icip2 Obgyn lain di Bunda Margonda. Jd ya asal megang surat ket dokter aja deh sblm mudik pake baling2 bambu, mikirnya ga usah bayar mahal2 di KMC lah ya. Br pertama kali masuk Bunda Margonda. Ruang tunggunya.. kecil bro.. ga tentram, krn ga di cluster2 gitu, tp dilewatin org bnyak. Duduknya keras, toiletnya bauk. Pokoknya uda males lah. Mendingan di Mitra Keluarga deh, ruang tunggunya ga terlalu rusuh di bagian2 tertentu, dan toiletnya bersih. Tp the best so far emg msh KMC utk soal ketenangan dan kenyamanan.

Dr. Sinta Utami sering disebut dan reviewnya bbrp blg bagus dan asik katanya. Tapi tapi.. kok aku tidak terlalu suka ya. Di dlm pasien diburu2, cm 10-15 mnt. USG super singkat dibandingin ama Dr. Diah trus konsultasinya ga enak bgt, uda berasa diusir muluk. Gw yg bawel, dia jawabnya seciprit2. Intinya sih ga dapet ilmu. Cm diksh tau bahwa: “Udah kesepakatan di Salemba kalo minusnya di atas 5, hrs sesar”. Bah dok, eike cek mata ke ahli retina aja belon. Pas tanya2 soal waterbirth dia nyebut lagi “Ya km sih kynya udah gugur di mata” ~___~

Hal yg paling memBTkan adalah pas kita pertama kali masuk, tuh dokter lg cek HP. Trus ditengah2 konsul, dia angkat telpon. Jadi krg dr 15 mnt di dlm itu ruangan dia uda termsuk dia angkat telpon. Dr emergency room sih, tp dispiker bok. Why??

Setelah icip2 dokter dan RS itu malah jd makin kangen ama Dr. Diah. Jadi stlah balik dr kampung, balik ke Dr. Diah lg deh. Ah memang dokter ini selalu menarik hatiku. Emg udah cocok. Dr. Diah itu inget ama pasiennya, walau pasiennya bnyak. Dr. Diah mah stiap kali ada keluhan pokoknya slalu blg “Ah gpp, itu msh normal kok. Kalo istirahat mereda kan? Dinikmati saja”. Jadinya ga panik dan ga kawatir diksh obat2 yg ga perlu dgn diagnosis lebay. Lalu seperti biasa kata2 saktinya adalah “Berat adeknya normal, ibunya yg mlambung tinggi. Dijaga ya..” *JLEEEBB. Ditambah jg diblg “Mulai jalan2 lg ya, jln pagi boleh, jln ke mol jg boleh”. Ack sy kan bkn anak mol. “Blanja keperluan adeknya aja, mumpung msh blm terlalu repot jlnnya.”

Tapiii.. hal2 yg bkin miris tiap kali kontrol ksitu adalah bagian yg ada tulisannya “KASIR”. Total menghabiskan 670rb inc Vitamin. T^T Mengapa aku ini pengangguraaan??

Keluhan Bertambah

Spertinya sy terkena Symphysis pubis dysfunction (SPD) atau nyeri di daerah anu2 spt tertusuk sribu jarum (lebay). Sakit itu datang dan memerah pas abis bgn duduk ato tidur. Makin lama duduk/boboannya makin cenut2 deh. Kalo bgn tdur pasti mringis2 duluk dan jalannya ky bebek. Stlh baca2 sih intinya sering ganti posisi, jgn kseringan duduk, jgn keseringan bdiri, jgn kseringan ngerem di kasur jg. Trus Pelvic Floor Exercise jg ngebantu ngurangin sakitnya. Pas puasa kmrn nyaris ilang olahraganya sih, jdnya melemah. Jadi sehabis dicek Dr. Diah ga mslah, lgsg jln pagi besoknya dan hr2 slanjutnya. Mencoba ingat latian Pelvic Floor ato Kegel.

Melahirkan di Kutub?

Sempat tanya soal lahiran di Pinlan sana ama sang dokter, sedangkan hamilnya dah hampir 7bln dan makin bawel keluhannya. Sakit ini, sakit itu lah. Dr. Diah blg sih, boleh brgkt walau uda 7-8bln asalkan ga ada kontraksi2. Tp ya resikonya pasti cape bgt di jln. Total dr kluar rmh Depok smpe msuk pintu rmh Pinlan bs 32jam. Posenya duduuuk terus. I hope SPDnya ga terlalu parah saat itu. Hayo smangat olahraga2 otot2 bawah! Mnurut Dr. Diah, bayi secara teori bs dibawa umur 2mgg. Tp kasian, jd lbih baik 3bln+. Mendingan bw bayi di perut drpd bawa bayi yg uda brojol. Ya hrs nyusuin, ya cape jg, ya ga enak ganggu yg lain klo adek rewel.

Dan YEEEAH. Bbrp hr stlhnya dpt kabar klo Residence Permit yg alamakjan lamanya itu akhirnyaaaa jadi juga. Blom nrima bentuknya sih, msh OTW. Tp r*** dan dpt surat klo permit istrinya udah granted dan sampe max 2mgg lagi. Alhamdulillah.. Horee!

Hore ga yah? Ingin sih nglahirin di sini, bnyak sodara dan tman2. Gak mikirin susahnya idup (Nyari mkn, bersih2 rmh, nyuci popok, nitip2 anak). Dan kan kadonya bnyak klo lahiran sini (eh?). Tapi apa daya, kasian bapaknya dan kasian gw sndiri jg kalo hrs bawa infant naek psawat berpuluh2 jam.

Belanja Belanji

List blanjaan bayi berubah jd winter costume. Lengan pnjg dan clana pnjg smua, bnyak legging dan kaos kaki. Knp blnja skrg? Krn di sana mahal cuy. Klo cm baju2 rmh, bedong, popok kain mah merk2 lokal aja kan. Merk luar pun jg lbih murah di sini. Jadilah blnja di Audrey dan Yang-yang ITC Cempaka Mas, mborong apapun yg ada di list. Pulang2 bawa 2 kantong guede dan tabungan minus bnyak. Sapa bisa mnolak kaos kaki dan legging pinky imut2 iniih:

Prenatal Yoga

Demi klancaran kehamilan dan kelahiran, icip2 Yoga Hamil jg. Tdnya mau coba senam hamil, tp kt dr. diah msh kcepetan, krn biasanya 30bln+ idealnya. Kan ada gerakan2 yg latian2 ngejen gitu ya bok. Klo yoga kan mlatih otot dan napas saja. Yoganya privat gitu cm b2 doang ama spupu yg hamil jg. Instrukturnya tmn SMA ibunya. Asik jg. Iri ama badannya yg ramping tp kokoh berotot tanpa terlihat sekel. Pertama kali seumur idup ikutan yoga. Kringetan bnyak ya ternyataaa.. dan sakit smua otot2 gw ditarik kanan kiri depan blakang sampe pooool T__T hik2..Ya ga pernah stretching rajin sih. Bsok pagi nantikan saja ngilu2 ototnya huhuhuhu.

Sekian updatenya. Doakan smoga lancar dan bs smpe pinlan tnpa masalah dan sampe lahirannya pun lancar. Amiien

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s