Pregnancy Update

Icip2 Obgyn

Dikarnakan keberatan biaya di KMC, kmrn smpat icip2 Obgyn lain di Bunda Margonda. Jd ya asal megang surat ket dokter aja deh sblm mudik pake baling2 bambu, mikirnya ga usah bayar mahal2 di KMC lah ya. Br pertama kali masuk Bunda Margonda. Ruang tunggunya.. kecil bro.. ga tentram, krn ga di cluster2 gitu, tp dilewatin org bnyak. Duduknya keras, toiletnya bauk. Pokoknya uda males lah. Mendingan di Mitra Keluarga deh, ruang tunggunya ga terlalu rusuh di bagian2 tertentu, dan toiletnya bersih. Tp the best so far emg msh KMC utk soal ketenangan dan kenyamanan.

Dr. Sinta Utami sering disebut dan reviewnya bbrp blg bagus dan asik katanya. Tapi tapi.. kok aku tidak terlalu suka ya. Di dlm pasien diburu2, cm 10-15 mnt. USG super singkat dibandingin ama Dr. Diah trus konsultasinya ga enak bgt, uda berasa diusir muluk. Gw yg bawel, dia jawabnya seciprit2. Intinya sih ga dapet ilmu. Cm diksh tau bahwa: “Udah kesepakatan di Salemba kalo minusnya di atas 5, hrs sesar”. Bah dok, eike cek mata ke ahli retina aja belon. Pas tanya2 soal waterbirth dia nyebut lagi “Ya km sih kynya udah gugur di mata” ~___~

Hal yg paling memBTkan adalah pas kita pertama kali masuk, tuh dokter lg cek HP. Trus ditengah2 konsul, dia angkat telpon. Jadi krg dr 15 mnt di dlm itu ruangan dia uda termsuk dia angkat telpon. Dr emergency room sih, tp dispiker bok. Why??

Setelah icip2 dokter dan RS itu malah jd makin kangen ama Dr. Diah. Jadi stlah balik dr kampung, balik ke Dr. Diah lg deh. Ah memang dokter ini selalu menarik hatiku. Emg udah cocok. Dr. Diah itu inget ama pasiennya, walau pasiennya bnyak. Dr. Diah mah stiap kali ada keluhan pokoknya slalu blg “Ah gpp, itu msh normal kok. Kalo istirahat mereda kan? Dinikmati saja”. Jadinya ga panik dan ga kawatir diksh obat2 yg ga perlu dgn diagnosis lebay. Lalu seperti biasa kata2 saktinya adalah “Berat adeknya normal, ibunya yg mlambung tinggi. Dijaga ya..” *JLEEEBB. Ditambah jg diblg “Mulai jalan2 lg ya, jln pagi boleh, jln ke mol jg boleh”. Ack sy kan bkn anak mol. “Blanja keperluan adeknya aja, mumpung msh blm terlalu repot jlnnya.”

Tapiii.. hal2 yg bkin miris tiap kali kontrol ksitu adalah bagian yg ada tulisannya “KASIR”. Total menghabiskan 670rb inc Vitamin. T^T Mengapa aku ini pengangguraaan??

Keluhan Bertambah

Spertinya sy terkena Symphysis pubis dysfunction (SPD) atau nyeri di daerah anu2 spt tertusuk sribu jarum (lebay). Sakit itu datang dan memerah pas abis bgn duduk ato tidur. Makin lama duduk/boboannya makin cenut2 deh. Kalo bgn tdur pasti mringis2 duluk dan jalannya ky bebek. Stlh baca2 sih intinya sering ganti posisi, jgn kseringan duduk, jgn keseringan bdiri, jgn kseringan ngerem di kasur jg. Trus Pelvic Floor Exercise jg ngebantu ngurangin sakitnya. Pas puasa kmrn nyaris ilang olahraganya sih, jdnya melemah. Jadi sehabis dicek Dr. Diah ga mslah, lgsg jln pagi besoknya dan hr2 slanjutnya. Mencoba ingat latian Pelvic Floor ato Kegel.

Melahirkan di Kutub?

Sempat tanya soal lahiran di Pinlan sana ama sang dokter, sedangkan hamilnya dah hampir 7bln dan makin bawel keluhannya. Sakit ini, sakit itu lah. Dr. Diah blg sih, boleh brgkt walau uda 7-8bln asalkan ga ada kontraksi2. Tp ya resikonya pasti cape bgt di jln. Total dr kluar rmh Depok smpe msuk pintu rmh Pinlan bs 32jam. Posenya duduuuk terus. I hope SPDnya ga terlalu parah saat itu. Hayo smangat olahraga2 otot2 bawah! Mnurut Dr. Diah, bayi secara teori bs dibawa umur 2mgg. Tp kasian, jd lbih baik 3bln+. Mendingan bw bayi di perut drpd bawa bayi yg uda brojol. Ya hrs nyusuin, ya cape jg, ya ga enak ganggu yg lain klo adek rewel.

Dan YEEEAH. Bbrp hr stlhnya dpt kabar klo Residence Permit yg alamakjan lamanya itu akhirnyaaaa jadi juga. Blom nrima bentuknya sih, msh OTW. Tp r*** dan dpt surat klo permit istrinya udah granted dan sampe max 2mgg lagi. Alhamdulillah.. Horee!

Hore ga yah? Ingin sih nglahirin di sini, bnyak sodara dan tman2. Gak mikirin susahnya idup (Nyari mkn, bersih2 rmh, nyuci popok, nitip2 anak). Dan kan kadonya bnyak klo lahiran sini (eh?). Tapi apa daya, kasian bapaknya dan kasian gw sndiri jg kalo hrs bawa infant naek psawat berpuluh2 jam.

Belanja Belanji

List blanjaan bayi berubah jd winter costume. Lengan pnjg dan clana pnjg smua, bnyak legging dan kaos kaki. Knp blnja skrg? Krn di sana mahal cuy. Klo cm baju2 rmh, bedong, popok kain mah merk2 lokal aja kan. Merk luar pun jg lbih murah di sini. Jadilah blnja di Audrey dan Yang-yang ITC Cempaka Mas, mborong apapun yg ada di list. Pulang2 bawa 2 kantong guede dan tabungan minus bnyak. Sapa bisa mnolak kaos kaki dan legging pinky imut2 iniih:

Prenatal Yoga

Demi klancaran kehamilan dan kelahiran, icip2 Yoga Hamil jg. Tdnya mau coba senam hamil, tp kt dr. diah msh kcepetan, krn biasanya 30bln+ idealnya. Kan ada gerakan2 yg latian2 ngejen gitu ya bok. Klo yoga kan mlatih otot dan napas saja. Yoganya privat gitu cm b2 doang ama spupu yg hamil jg. Instrukturnya tmn SMA ibunya. Asik jg. Iri ama badannya yg ramping tp kokoh berotot tanpa terlihat sekel. Pertama kali seumur idup ikutan yoga. Kringetan bnyak ya ternyataaa.. dan sakit smua otot2 gw ditarik kanan kiri depan blakang sampe pooool T__T hik2..Ya ga pernah stretching rajin sih. Bsok pagi nantikan saja ngilu2 ototnya huhuhuhu.

Sekian updatenya. Doakan smoga lancar dan bs smpe pinlan tnpa masalah dan sampe lahirannya pun lancar. Amiien

Mil hamil mil…

Setelah bengong bbrp bulan menelan kenyataan bahwa.. “Eh, ane mo jadi Ibu loh!” O__O Akhirnya bisa juga cerita dengan riang ke dunia bahwa: Yay! I’m 16 weeks pregnant!

It’s been hmm.. quite amusing.. dari eng parah, mual2nya, maag perihnya minta ampun, menjadi fart machine, eneg ama suami sendiri.. (sorry, buddy.. masa paceklik ini akan usai xD), males2an, pusing.. Tp untungnya smua yg mual2 sudah lewat! YAY!! Tinggal migrain2, cepet cape, sensi cahaya, dan.. kegendutan.. (BAH!!)..

Selama ini dijalanin dgn cuek2 aja.. Alhamdulillah blom ada mslh spt flek2 ato mual2 berlebihan. Stlh brosing2 sana sini di forum2, trnyata, bnyak bgt ya bumil2 yg parnoan ini itu. Mgkn krn gw waktu itu terlantar sendiri di negeri kutub, jadinya info yg serem2 ga masuk ke otak, jdnya yaa… cuek2 aja, cm ikutin apa kata bidan/obgyn dan ga overprotected.

Pas sampe Endonesa.. Dilarang nyetir (eh??), jgn angkat ember jemuran ke atas (huh?), jgn pegi2 jauh (ngii??), jalan kakinya jgn cpet2 (moo?), jgn naek tangga (lah?).. Aku dipingiit!! Tp akhirnya sih stlh diksh pengertian, pingitannya agak berkurang. Msh boleh nyetir dan bole pegi2.. (di skitaran depok). Angkat ember jemuran sih ttp ga bole. Drpd pusing dgn smua pantangan2 fisik itu, mendingan lbih concern ama nyediain mknan yg bergizi deh. I know my own body dan gw slalu manjain badan. Klo udah ga kuat, ya pasti ndekem di rmh. Dan sepertinya dedek di dlm ini Alhamdulillah ckup kuat 🙂

Sistem Kesehatan Bumil di Finland vs Indonesia

2 hal di atas sbenernya tak imbang utk dibandingkan. Perna baca forum bumi dia ngoceh2 soal hamil di Indonesia yg terlalu ribet masalah pro normal, IMD, ASI, laktasi, dll dst, sistemnya ga bagus dibandingkan Korea.. D-uh! Semua hal itu menjadi concern di sini krn faktanya emg bnyak bgt RS yg gak pro normal dan gak pro IMD/ASI. Wajar kalo org2 negara2 maju spt korea ato Eropa ga perna mikirin hal2 itu, krn smua printilan tetek bengek itu adalah hal standard dan baku di sana. Jadi ga usa pusing milih Obgyn dan RS yg ga komersil.

Kalo boleh milih, gw sih inginnya lahiran di Finland. Apa daya ijin tinggal tak kunjung jadi, so.. kita prepare utk plan B, lahiran di Tanah Air. Di Finland kmrn krn blm bs gratisan di kliniknya pemerintah, jd terpaksa ke klinik swasta. Sempet sesek napas jg klo liat bil2 tagihannya, ratusan EUR bro. Untung Alhamdulillah smuanya direimburse ama Travel Insurance gw.

Apasih enaknya di Finland:

  1. Kaga ngantri kalo mo cek, janjian jam 9, teng, jam 9 uda msuk ruangan bidan ato Obgyn
  2. Gratis bro.. Either diganti asuransi pas jd turis, ato klo uda jd penduduk, bs gratis cek di Nevoula (spt Puskesmas lokal gitu)
  3. Semua dibikin simpel sama dokter dan obgynnya. Gak diksh obat macem2, penguat janin lah, vitamin A, B, C, D, kbanyakan pantangan dll dst, ditakut2in. Mreka percaya bahwa ya hamil itu hal yg biasa dan smua org bs lewatin dgn lancar. Smua vitamin diusahakan dpetnya dari makanan sehat aja. Gw cm disuru bli vitamin dr apotik.
  4. Sistemnya udah standard. Smua klinik itu bagus baik yg dr pemerintah atopun yg swasta.
  5. Gak komersil. Bidan gw ngerti klo cm student, duitnya dkit, mgkn asuransinya jg jelek, jadi dia blg utk tes2 darah, ntar aja klo udah jd  penduduk ato di tanah air, krn di sini mahal bgt. Smua tindakan jg dikonsultasikan dulu harganya ama kita, jd gak kaget, terserah kita mau ambil ato enggak. Trus pas kontrol terakhir di sana charge controlnya yg 40mnt, cm diitung 20mnt, dan USGnya pake print ga dicharge T^T  baiiiknyaaaaa..

Sebenernya hampir smua itu bs didapet sih di Jakarta ini.. tapi dgn biaya yg.. naujubile mahal bgt. Sbenernya klo cek di posyandu gitu malah lbih ga ribet yak. Bidan2 di daerah gitu kan pasti pro normal, wong ga bs caesar huhuhuhu..

Setelah direkomendasikan oleh spupu, akhirnya pas terdepak ke Jakarta, gw nerusin cek di KMC (Kemang Medical Care) yg katanya dokter2nya bagus2 dan rasional. Waktu sblm hamil sih pernah coba dr. Diah Sartika Sari di sana bwt konsul soal KB utk nunda punya anak. Eh malah dimarahin.. “Haduh, km org lain mati2an bkin anak, km malah mau nunda” lalalalala. Orangnya sih asik bgt, terkenal galak sih. Tp org galak kan ga menciutkan hati gw. Udah terlatih seumur idup :P. Spt umumnya dokter2 di KMC, dia ga gmpang ngasi obat dan encourage utk lahiran normal tentunya.

Makdarit (gawol mode) gw putuskan walau mahal naujubile, gw akan kontrol ke dia di KMC lagi pas di Jakarta. Knp KMC? Krn ngantrinya manusiawi. Nunggu tu palingan 1 jam-an. Krn dia sistemnya pake daptar di jam tertentu dan diblok2 gitu. Ada maksimal pasien yg diterima dlm sehari. Ruang tunggunya jg relatif tenang dan ga rusuh. Di dlm ruanganpun dokternya bs abisin waktu 20-30mnt per pasien, jd ga buru2 ky kejer setoran. Ingat pengalaman pernah antri di Hermina Depok, ruang tunggunya rusuhnya bukan main, terlihat antrianya panjang, lalu, tiba2 2 keluarga/2 pasien masuk berbarengan ke 1 ruangan dokter (wtf?) dan keluar in less than 10 mins. Setelah liat itu smua, lgsg ilpil dan cabut dari RS itu.

Dokter Diahnya pas pertama kali ktm lagi stlh hamil.. “Loh? udah hamil? ga jadi nunda?”.. meeh.. Trus dia baca2 riwayat/pengantar dr Pinlan, USG lengkap smua organ, ngukur2, yada2.. (sumpah gw ga paham) yg gw liat cm si dedeknya sibuk ngayuh2 kaki  ky naek sapidah xD. Dia tekanin soal berat badan si dedek yg hrs stay pd grafik klo mo lahiran normal. Iya2 ibunya uda kegendutan.. T^T. Dokter ini ktnya jg terkenal ketat jaga berat badan para pasiennya. Bawel gitu.  Trus bu dokter jawab smua prtanyaan2 gw soal pusing, maag, olahraga, dll. Trmsuk yg terakhir vonis trhdp bbrp tmn/tetangga yg ktnya ga bs lahiran normal krn matanya minus. Gw sih -7 & -5. Dokternya blg, msh bisa kok, asal ada clearance dr dokter mata dan dijaga aja bayinya gak gede, jadinya ngedennya ga banget2an. Jadinya gw bs bernafas lega dan puas ama argumennya. Apakah rekan2 itu mrupakan korban tren caesar di RS komersil? Kalo iya, jahat bgt sih RS2 itu 😦

Cukup puas sih ama KMC ini. TAPIII…semua kenyamanan itu hrs dibayar mahal dgn 300rb saja per konsul. *nangis2* + USG w/o print 115rb. Stlh liat harga mlahirkannya pun gw pengsan.

Ada ga sih RS ato klinik di daerah Depok/Jaksel selatan (ya ya ya pokoknya ga jau2 dr depok) yg antrinya manusiawi, dokternya OK spt yg di atas, tp harganya ga nyiksa tabungan?

Semoga Residence Permit ke Pinlan cpet selese, biar bs kabur dari sgala kpusingan biaya ini di Indonesia xD Klo ga punya asuransi, brasa yaa.. 😦

Dah ah, panjang nih.. Insya Allah smuanya lancar.. Doakan yaa x)