Mil hamil mil…

Setelah bengong bbrp bulan menelan kenyataan bahwa.. “Eh, ane mo jadi Ibu loh!” O__O Akhirnya bisa juga cerita dengan riang ke dunia bahwa: Yay! I’m 16 weeks pregnant!

It’s been hmm.. quite amusing.. dari eng parah, mual2nya, maag perihnya minta ampun, menjadi fart machine, eneg ama suami sendiri.. (sorry, buddy.. masa paceklik ini akan usai xD), males2an, pusing.. Tp untungnya smua yg mual2 sudah lewat! YAY!! Tinggal migrain2, cepet cape, sensi cahaya, dan.. kegendutan.. (BAH!!)..

Selama ini dijalanin dgn cuek2 aja.. Alhamdulillah blom ada mslh spt flek2 ato mual2 berlebihan. Stlh brosing2 sana sini di forum2, trnyata, bnyak bgt ya bumil2 yg parnoan ini itu. Mgkn krn gw waktu itu terlantar sendiri di negeri kutub, jadinya info yg serem2 ga masuk ke otak, jdnya yaa… cuek2 aja, cm ikutin apa kata bidan/obgyn dan ga overprotected.

Pas sampe Endonesa.. Dilarang nyetir (eh??), jgn angkat ember jemuran ke atas (huh?), jgn pegi2 jauh (ngii??), jalan kakinya jgn cpet2 (moo?), jgn naek tangga (lah?).. Aku dipingiit!! Tp akhirnya sih stlh diksh pengertian, pingitannya agak berkurang. Msh boleh nyetir dan bole pegi2.. (di skitaran depok). Angkat ember jemuran sih ttp ga bole. Drpd pusing dgn smua pantangan2 fisik itu, mendingan lbih concern ama nyediain mknan yg bergizi deh. I know my own body dan gw slalu manjain badan. Klo udah ga kuat, ya pasti ndekem di rmh. Dan sepertinya dedek di dlm ini Alhamdulillah ckup kuat 🙂

Sistem Kesehatan Bumil di Finland vs Indonesia

2 hal di atas sbenernya tak imbang utk dibandingkan. Perna baca forum bumi dia ngoceh2 soal hamil di Indonesia yg terlalu ribet masalah pro normal, IMD, ASI, laktasi, dll dst, sistemnya ga bagus dibandingkan Korea.. D-uh! Semua hal itu menjadi concern di sini krn faktanya emg bnyak bgt RS yg gak pro normal dan gak pro IMD/ASI. Wajar kalo org2 negara2 maju spt korea ato Eropa ga perna mikirin hal2 itu, krn smua printilan tetek bengek itu adalah hal standard dan baku di sana. Jadi ga usa pusing milih Obgyn dan RS yg ga komersil.

Kalo boleh milih, gw sih inginnya lahiran di Finland. Apa daya ijin tinggal tak kunjung jadi, so.. kita prepare utk plan B, lahiran di Tanah Air. Di Finland kmrn krn blm bs gratisan di kliniknya pemerintah, jd terpaksa ke klinik swasta. Sempet sesek napas jg klo liat bil2 tagihannya, ratusan EUR bro. Untung Alhamdulillah smuanya direimburse ama Travel Insurance gw.

Apasih enaknya di Finland:

  1. Kaga ngantri kalo mo cek, janjian jam 9, teng, jam 9 uda msuk ruangan bidan ato Obgyn
  2. Gratis bro.. Either diganti asuransi pas jd turis, ato klo uda jd penduduk, bs gratis cek di Nevoula (spt Puskesmas lokal gitu)
  3. Semua dibikin simpel sama dokter dan obgynnya. Gak diksh obat macem2, penguat janin lah, vitamin A, B, C, D, kbanyakan pantangan dll dst, ditakut2in. Mreka percaya bahwa ya hamil itu hal yg biasa dan smua org bs lewatin dgn lancar. Smua vitamin diusahakan dpetnya dari makanan sehat aja. Gw cm disuru bli vitamin dr apotik.
  4. Sistemnya udah standard. Smua klinik itu bagus baik yg dr pemerintah atopun yg swasta.
  5. Gak komersil. Bidan gw ngerti klo cm student, duitnya dkit, mgkn asuransinya jg jelek, jadi dia blg utk tes2 darah, ntar aja klo udah jd  penduduk ato di tanah air, krn di sini mahal bgt. Smua tindakan jg dikonsultasikan dulu harganya ama kita, jd gak kaget, terserah kita mau ambil ato enggak. Trus pas kontrol terakhir di sana charge controlnya yg 40mnt, cm diitung 20mnt, dan USGnya pake print ga dicharge T^T  baiiiknyaaaaa..

Sebenernya hampir smua itu bs didapet sih di Jakarta ini.. tapi dgn biaya yg.. naujubile mahal bgt. Sbenernya klo cek di posyandu gitu malah lbih ga ribet yak. Bidan2 di daerah gitu kan pasti pro normal, wong ga bs caesar huhuhuhu..

Setelah direkomendasikan oleh spupu, akhirnya pas terdepak ke Jakarta, gw nerusin cek di KMC (Kemang Medical Care) yg katanya dokter2nya bagus2 dan rasional. Waktu sblm hamil sih pernah coba dr. Diah Sartika Sari di sana bwt konsul soal KB utk nunda punya anak. Eh malah dimarahin.. “Haduh, km org lain mati2an bkin anak, km malah mau nunda” lalalalala. Orangnya sih asik bgt, terkenal galak sih. Tp org galak kan ga menciutkan hati gw. Udah terlatih seumur idup :P. Spt umumnya dokter2 di KMC, dia ga gmpang ngasi obat dan encourage utk lahiran normal tentunya.

Makdarit (gawol mode) gw putuskan walau mahal naujubile, gw akan kontrol ke dia di KMC lagi pas di Jakarta. Knp KMC? Krn ngantrinya manusiawi. Nunggu tu palingan 1 jam-an. Krn dia sistemnya pake daptar di jam tertentu dan diblok2 gitu. Ada maksimal pasien yg diterima dlm sehari. Ruang tunggunya jg relatif tenang dan ga rusuh. Di dlm ruanganpun dokternya bs abisin waktu 20-30mnt per pasien, jd ga buru2 ky kejer setoran. Ingat pengalaman pernah antri di Hermina Depok, ruang tunggunya rusuhnya bukan main, terlihat antrianya panjang, lalu, tiba2 2 keluarga/2 pasien masuk berbarengan ke 1 ruangan dokter (wtf?) dan keluar in less than 10 mins. Setelah liat itu smua, lgsg ilpil dan cabut dari RS itu.

Dokter Diahnya pas pertama kali ktm lagi stlh hamil.. “Loh? udah hamil? ga jadi nunda?”.. meeh.. Trus dia baca2 riwayat/pengantar dr Pinlan, USG lengkap smua organ, ngukur2, yada2.. (sumpah gw ga paham) yg gw liat cm si dedeknya sibuk ngayuh2 kaki  ky naek sapidah xD. Dia tekanin soal berat badan si dedek yg hrs stay pd grafik klo mo lahiran normal. Iya2 ibunya uda kegendutan.. T^T. Dokter ini ktnya jg terkenal ketat jaga berat badan para pasiennya. Bawel gitu.  Trus bu dokter jawab smua prtanyaan2 gw soal pusing, maag, olahraga, dll. Trmsuk yg terakhir vonis trhdp bbrp tmn/tetangga yg ktnya ga bs lahiran normal krn matanya minus. Gw sih -7 & -5. Dokternya blg, msh bisa kok, asal ada clearance dr dokter mata dan dijaga aja bayinya gak gede, jadinya ngedennya ga banget2an. Jadinya gw bs bernafas lega dan puas ama argumennya. Apakah rekan2 itu mrupakan korban tren caesar di RS komersil? Kalo iya, jahat bgt sih RS2 itu 😦

Cukup puas sih ama KMC ini. TAPIII…semua kenyamanan itu hrs dibayar mahal dgn 300rb saja per konsul. *nangis2* + USG w/o print 115rb. Stlh liat harga mlahirkannya pun gw pengsan.

Ada ga sih RS ato klinik di daerah Depok/Jaksel selatan (ya ya ya pokoknya ga jau2 dr depok) yg antrinya manusiawi, dokternya OK spt yg di atas, tp harganya ga nyiksa tabungan?

Semoga Residence Permit ke Pinlan cpet selese, biar bs kabur dari sgala kpusingan biaya ini di Indonesia xD Klo ga punya asuransi, brasa yaa.. 😦

Dah ah, panjang nih.. Insya Allah smuanya lancar.. Doakan yaa x)

7 thoughts on “Mil hamil mil…

  1. RS Bunda Depok gmn vit? klo gk salah, bbrp mbak2 98 pada k situ… KMC emg super duper mahal.. tp emg bagusss

  2. Hi, coba mitra keluarga depok dokter sofani…ngantrinya bs by phone, dokternya ok..*pengalaman nganter bini*

  3. Sari Asih ya, Vit, yang daerah mampang – pasar minggu.. eyke lupa.. ngga jauh2 dari KMC katanya dokternya… katanyaaa… soalnya ngga pernah hamil juga =P

  4. Dear Papiru,
    Selamat atas kehamilannya. Sorry niih bukan mau kasih referensi untuk RS atau klinik di daerah Depok/Jaksel selatan, malainkan setelah baca posting yang diatas mengenai travel insurance, aku jadi pingin cepat2 bertanya. Aku lagi di eropa selama 3 bulan dari awal agustus dalam rangka menikah sipil. Ternyata setelah menikah bulan September kemarin aku testpact dan positif. Sekarang kalang kabut mengenai asuransi, karena aku di eropa masih dalam rangka visa kunjungan dan belum proses ijin tinggal, jadi yang ada saat ini adalah asuransi dari travel dan asuransi dari kantor (tetapi tidak menanggung untuk kehamilan).
    Kalau boleh tahu, travel asuransi apa yang kamu pakai untuk melakukan pemeriksaan untuk kehamilan?
    Saya sempat baca2 klausal asuransi yang saya pakai untuk 3 bulan, ternyata mereka tidak menanggung hal-hal yang berkaitan dengan kehamilan, padahal asuransi yang saya bayarkan sebelum berangkat kemarin lumayan sangat mahal.
    Terima kasih telah membaca posting ini.
    Salam,
    L

Leave a comment